Menjaga Kesehatan Tulang Setelah Melahirkan

Pegal-pegal sering dialami oleh wanita setelah melahirkan. Keluhan ini banyak dialami oleh ibu yang baru saja melakukan proses lahiran. Pada umumnya, ibu melahirkan akan merasakan rasa sakit atau nyeri pada bagian pinggang, punggung, tulang ekor, lutut, dll. Perubahan hormon serta perubahan fisik pada masa kehamilan, proses persalinan yang lama dan sulit, serta kelelahan dan juga stres merawat bayi akan menjadi penyebab tulang terasa sakit setelah melahirkan. Apabila keluhan tulang tersebut dibiarkan maka akan sangat mengganggu kenyamanan dan juga kelancaran aktifitas sehari-hari.

Disamping itu, pada wanita yang setelah melahirkan akan merasakan letih, lemas, dan lesu karena sang ibu mengalami pendarahan atau kehilangan darah yang cukup banyak setalah melahirkan. Karena itu setelah proses lahiran sang ibu sangat membutuhkan waktu istirahatnya yang cukup untuk pemulihan energinya, serta asupan makanan yang bergizi juga akan mempercepat masa pemulihan kondisi tersebut.

Istirahat saja tidak akan cukup, pada sang ibu juga perlu melakukan gerakan ringan seperti berjalan. Karena jika tidak melakukan gerakan tersebut maka otot dan sendi akan kaku, terlebih apabila proses melahirkan secara normal. Janin yang keluar melewati panggul maka akan menyebabkan peregangan pada otot-otot panggul. Bahkan pada beberapa jaringan ikat otot tulang rawan daerah panggul terjadi sobek.

Penyebab keluhan peg linu setelah melahirkan, diantaranya :

– Kelelahan (fatigue)
– Cedera otot (muscle strain/sprain)
– Tendinitis
– Plantar fascitis
– Calcaneus spur

Kondisi tersebut dapat diatasi dengan melakukan beberapa tips sebagai berikut :

menjaga tulang setelah melahirkan

1. Olahraga

Olahraga akan bermanfaat untuk mengembalikan kelenturan pada bagian otot dalam tubuh setelah masa kehamilan. Lakukan peregangan otot selama kurang lebih 10 menit pada setiap hari, seperti berjalan kaku, yoga, senam, atau lainnya.

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

2. Konsumsi makanan bernutrisi dan bergizi

Kandungan vitamin D dan kalsium sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang. Konsumsi makanan seperti pada susu, sayuran hijau, ikan salmon, ikan tuna, telur, keju, yogurt, dll. Hindari makanan atau minuman yang tidak baik untuk kesehatan tulang seperti makanan manis, garam, minuman soda, kafein, rokok, serta alkohol. Karena pada ibu yang baru saja melahirkan akan berlanjut pada menyusui yang diharapkan untuk mendapatkan asupan kalsium yang cukup supaya terhindari dari tulang keropos.

3. Berjemur dipagi hari

Selain kandungan pada makanan. vitamin D yang ditemukan pada sinar matahari sekitar jam 7-9 pagi sangat baik untuk kesehatan tulang supaya terhindar dari resiko patah tulang.

4. Jaga postur tubuh saat menyusui

Hindari posisi tubuh yang membungkuk saat sedang menyusui. Duduklah di kursi dengan posisi punggung tegak dan dekatkan bayi pada dada Anda. Supaya dapat mengurangi rasa nyeri pada punggung.

5. Jaga posisi menggendong bayi

Kurangi intensitas menggendong bayi pada pinggul karena akan dapat membebani otot punggung. Menggendong dengan cara bergantian pada pinggul kanan dan kiri. Hal ini juga berlaku ketika Anda sedang membawa tas perlengkapan bayi dengan bahu kanan dan kiri.

Memiliki tulang yang sehat adalah impian pada setiap orang, termasuk pada sang ibu yang baru saja melahirkan. Cara diatas dapat membantu Anda untuk mewujudkan kesehatan tulang pasca melahirkan. Apabila rasa nyeri pada tulang tidak kunjung sembuh, maka tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan, supaya kita mengetahui lebih jelasnya.

| Menjaga Kesehatan Tulang Setelah Melahirkan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s