Makanan Sehat Peningkat Kinerja Tulang dan Sendi

Untuk mendapatkan hidup yang sehat maka tentunya harus diimbangi dengan kesehatan jasmani dan rohani. Pada kesehatan sendi tergolong pada faktor penting untuk menunjang jasmani supaya kita dapat menjalani keseharian dengan bugar. Karena dengan memiliki tulang dan sendi yang sehat maka akan membuat tubuh pun menjadi lebih nyaman untuk bergerak.

Ketika seseorang memiliki fisik yang baik, maka dapat didorong dengan tulang yang sehat serta kuat. Memiliki tulang yang kuat sama dengan tulang yang tidak rapuh dan tidak keropos. Namun sekarang ini tidak hanya pada orang yang tergolong sudah tua saja, tetapi banyak sekali pada usia muda yang mengalami tulang cepat rapuh karena beberapa asupan makanan yang tidak seimbang dan bergizi, yang tidak cukup untuk nutrisi yang dibutuhkan oleh tulang dan juga sendi.

Faktor penyebab tulang dan sendi yang mengalami kerapuhan :

– Ketidakstabilan mental
– Paparan radiasi
– Masalah pencernaan
– Gangguan yang berkaitan dengan darah termasuk anemia
– Gangguan neurologis
– Gangguan makan
– Gangguan sistem kekebalan tubuh
– Perubahan endocrinal atau hormonal
– Terapi kanker atau penyakit itu sendiri
– Penyakit fatal serta gangguan penyakit termasuk aids, penyakit hati, masalah ginjal, dll.

Dari semua penyebab tersebut dapat merusak tulang bahkan menciptakan tulang rapuh. Oleh karena itu ada makanan yang harus kita konsumsi untuk menyeimbangi tubuh supaya kondisi tubuh tetap sehat dan kuat.

Berikut jenis makanan untuk meningkatkan kinerja tulang :

makanan peningkat kinerja tulang dan sendi

1. Kacang Almond

Kacang almond yang sering dijadikan cemilan ini ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang, serta mengandung vitamin D dan kalsium yang tinggi. Bahkan kacang almond ini juga mengandung vitamin E yang sangat baik untuk kesehatan kulit.

Artikel terkait : Obat Pengapuran Sendi

2. Kedelai

Kandungan kedelai yang sangat tinggi yaitu protein nabati dan juga kalsium yang sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang. Jadi Anda dapat mengkonsumsi kacang kedelai ini untuk menguatkan kesehatan tulang.

3. Telur

Telur merupakan sumber protein, kalsium, serta vitamin D yang sangat dibutuhkan oleh tulang. Kandungan lainnya dari telur yaitu asam amino essensial yang diketahui dapat membantu tumbuh kembang pada anak.

4. Ikan Salmon

Tidak hanya kandungan omega 3 saja yang terdapat pada ikan salmon, tetapi juga memiliki banyak nutrisi yang sangat penting yang diperlukan oleh tubuh manusia, yaitu vitamin D yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi. Anda dapat mengkombinasikan ikan salmon dengan makanan yang lainnya yang mengandung kalsium untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Ikan Teri

Ikan teri yang berukuran kecil namun memiliki manfaat yang sangat besar. Memiliki kandungan kalsium yang tidak kalah tinggi pada ikan teri ini. Yang menjadikan sumber terbaik dari ikan teri ini yaitu jumlah kalsium yang sangat berlimpah dan terdapat pada durinya yang dapat kita makan.

6. Yogurt

Rata-rata orang meraih vitamin D dari paparan sinar matahari, namun perlu diketahui yogurt juga sama mengandung vitamin D, yang dapat memenuhi kecukupan kalsium harian Anda. Yogurt juga mengandung protein dan bakteri sehat untuk usus, bahkan sangat baik untuk sistem pencernaan.

7. Susu

Sudah kita ketahui bahwa susu merupakan minuman yang tinggi akan kalsium untuk memenuhi asupan tulang serta sendi. Susu juga mengandung bebas lemak yang dapat menjaga berat tubuh, serta vitamin D yang dapat memberikan manfaat untuk tubuh.

Itulah beberapa makanan sebagai peningkat kinerja tulang dan sendi. Lakukan pola hidup yang sehat dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi dan gizi supaya tubuh tidak mudah terserang berbagai penyakit, sehingga memiliki tulang yang sehat dan kuat.

| Makanan Sehat Peningkat Kinerja Tulang dan Sendi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s