Mandi Uap Memberikan Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Untuk menjaga tubuh tetap sehat, setiap orang dituntut untuk selalu menjaga asupan pola makan serta olahraga teratur, namun ada sebagian orang yang sibuk sehingga tidak menyempatkan untuk berolahraga, tetapi aktivitas olahraga bisa diganti dengan mandi uap atau steam bath.

Mandi uap atau lebih dikenal dengan sauna adalah aktivitas mandi dengan uap dalam suatu ruangan yang telah dirancang khusus, dimana sisi-sisi ruangan tersebut dapat mengeluarkan uap panas. Sauna yang biasa tersedia pusat kebugaran maupun spa ini menawarkan berbagai manfaat yang berguna untuk kesehatan tubuh manusia. Dan berikut dibawah ini manfaat mandi uap bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Mandi Uap Bagi Kesehatan Tubuh

Mandi Uap Memberikan Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Detoksifikasi tubuh
Detoksifikasi adalah proses penghilangan racun dalam tubuh yang salah satu caranya yaitu melalui keringat. Dan salah satu cara untuk mengeluarkan keringat secara sehat adalah dengan mandi uap. Kondisi panas dalam sauna dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan racun melalui keringat yang banyak karena uap panas.

Membantu meningkatkan kekebalan tubuh
Mandi uap bisa membantu tubuh untuk memproduksi sel darah putih yang berguna untuk melindungi tubuh dari berbagai macam benda asing seperti bakteri dan virus pembawa penyakit. Pengguna sauna yang rutin dipercaya memiliki sel darah putih yang lebih banyak dibandingkan kebanyakan orang sehingga mereka tetap sehat dan cepat sembuh dari penyakit.

Membantu memulihkan tubuh dari olahraga
Efektifnya mandi uap untuk pemulihan tubuh setelah berolahraga kini membuat beberapa tempat gym untuk juga memiliki sauna. Limbah metabolic yang terjadi setelah olahraga dapat dikurangi ketika berkeringat saat mandi uap. Melalui sauna, aliran darah ke otot yang lelah dan tegang dapat meningkat sehingga dapat membantu memulihkan dan merilekskan tubuh setelah berolahraga.

Artikel terkait: Obat Pengapuran Sendi

Membantu melemaskan otot dan sendi
Mandi uap dipercaya dapat membantu menurunkan resiko radang sendi, fibromyalgia atau stress. Selain itu, mandi uap juga dipercaya dapat menjadi cara yang ampuh dan alami untuk memulihkan nyeri otot secara cepat.

Mengurangi migrain dan sakit kepala
Mandi uap berguna untuk meringankan sakit kepala dan mengurangi ketegangan otot. Maka dari itu, sauna sangat cocok bagi Anda yang memiliki kesibukan tinggi.

Membantu meningkatkan kualitas tidur
Uap panas yang digunakan untuk mandi dapat membantu memberikan sensasi menenangkan dam membuat tubuh serta pikiran lebih nyaman sehingga kualitas tidur Anda semakin meningkat.

Membantu meredakan stress
Stress merupakan salah satu ancaman kesehatan yang dapat terjadi karena pikiran dan beban lain sehingga menyebabkan masalah pada jantung, ingatan serta tekanan darah. Mandi uap dapat membantu memperlancar sirkulasi darah dan melepaskan hormone endorphine agar tubuh dan pikiran menjadi lebih santai sehingga stress pun semakin reda.

Itulah beberapa manfaat mandi uap yang bisa Anda dapatkan. Maka dari itu, cobalah untuk memanjakan diri dengan cara mengunjungi sauna hanya untuk sekedar merilekan tubuh dari berbagai aktivitas dan kesibukan Anda demi meningkatkan kualitas kesehatan tubuh Anda.

| Mandi Uap Memberikan Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s