Berikut Ini Deretan Manfaat Minum Air Garam Untuk Kesehatan

Garam termasuk kedalam bumbum masakan utama yang ternyata tidak hanya berguna untuk memberikan rasa gurih pada makanan, namun juga menyehatkan tubuh. Hal ini dikarenakan oleh adanya kandungan nutrisi dan mineral yang terdapat pada garam. Agar mudah diserap oleh tubuh, garam dapat dikonsumsi dengan cara mencampurkannya dengan secangkir air hangat karena dapat menciptakan muatan listrik yang diperoleh dari aktifitas ion positif dan negatif molekul air.

Pada dasarnya, garam mentah dapat berguna untuk membantu menyeimbangkan gula darah, menjaga kekuatan tulang, mengatur metabolisme dan menjaga kekebalan tubuh. Selain itu, berikut ini deretan manfaat minum air garam untuk kesehatan.

Berikut Ini Deretan Manfaat Minum Air Garam Untuk Kesehatan

Berikut Ini Deretan Manfaat Minum Air Garam Untuk Kesehatan

Membantu sistem pencernaan
Mengkonsumsi air garam dapat membantu Anda dalam meningkatkan fungsi sistem pencernaan. Dengan mengkonsumsi air garam hangat secara teratur, keteraturan dan peningkatan penyerapan nutrisi tubuh Anda dapat terbantu. Air garam yang dikonsumsi dapat berfungsi meningkatkan kelenjar air liur di dalam mulut dengan melepaskan enzim amilase yang merupakan langkah awal yang sangat penitng bagi sistem pencernaan. Garam alami juga akan membantu merangsang enzim pencernaan berupa klorida dan protein di dalam perut. Kedua enzim tersebut baik bagi usus untuk membantu memecah makanan. Hal ini juga akan membantu merangsang sekresi pada saluran usus dan hati sehingga membantu pencernaan.

Membantu mengurangi peradangan
Pada dasarnya, tubuh membutuhkan kira-kira sebanyak 1.5 sendok teh garam perhari guna memenuhi kebutuhan asupan garam dalam tubuh. Jika asupan garam yang kita konsumsi rendah atau tidak mencukupi kebutuhan tubuh, maka hal ini akan membuat tubuh mengalami krisis garam yang disebut natrium-sparing. Kondisi ini tentunya akan mengganggu keseimbangan cairan dan tekanan darah pada tubuh. Hal ini dikarenakan rendahnya asupan garam yang diperoleh oleh tubuh akan mengakibatkan enzim renim dan hormon aldosterone dapat meningkat pesat. Padahal, apabila kedua hormone tersebut meningkat secara terus meners hingga mencapai taraf yang tinggi akan menyebabkan kerusakan peredaran darah dan dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh.

Membantu meningkatkan kualitas tidur
kandungan mineral dalam garam dapat memberikan efek yang menenangkan bagi sistem syaraf manusia. Garam disebut-sebut dapat mengurangi hormon stress berupa kortisol dan adrenalin sehingga dapat membantu tidur Anda lebih nyenyak apabila mengkonsumsinya. Selain itu, air garam hangat juga dapat membantu melakukan proses pembuangan racun (detoksifikasi) alami pada tubuh. Hal ini dikarenakan air garam merupakan antibakteri alami yang dapat membantu tubuh untuk membersihkan diri dari bakteri berbahaya.

Artikel terkait: Obat Pengapuran Sendi

Membantu meningkatkan kesehatan tulang
Dikarenakan kaya akan mineral sehat alami dan efek alkalinizing, air garam hangat diduga dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang manusia. Mengingat berdasarkan teori populer osteoporosis dan gangguan tulang, tubuh menggunakan kalsium dan mineral lainnya untuk dapat menetralkan keasaman yang berada dalam darah.

Mencegah berbagai jenis penyakit kronis
Kekurangan asupan garam dalam tubuh dapat meningkatkan hormone renin dan aldosterone secara berlebihan sehingga sirkulasi darah terganggu. Apabila sirkulasi darah terganggu, maka agen anti fimatori akan meningkat sehingga meningkatkan risiko beberapa penyakit kardiovaskular, sindrom metabolisme dan menurunnya kemampuan kognisi. Dengan demikian, konsumsi air garam juga dapat memberikan manfaat untuk mencegah berbagai penyakit kronis.

Obat tenggorokan gatal alami
Tenggorokan yang gatal dapat disebabkan oleh adanya bakteri yang terdapat dalam tenggorokan. Seperti yang telah dijelaskan diatas, garam dapat berfungsi sebagai antibakteri sehingga dapat digunakan sebagai obat tenggorokan gatal yang alami.

Menghidrasi tubuh

Konsumsi air garam alami dapat membantu tubuh Anda untuk menyimpan cairan dari air yang Anda minum. Hal ini karena dalam keadaan normal, ketika Anda meminum air putih yang banyak, sebagian air putih yang Anda konsumsi akan keluar melalui urin. Sehingga konsumsi air garam secara alami dapat membantu tubuh Anda untuk menyerap air dan menggunakannya dengan cara yang tepat.

Itulah beberapa khasiat mengkonsumsi minum air garam yang bisa Anda rasakan untuk tubuh. Semoga ini bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda.

| Berikut Ini Deretan Manfaat Minum Air Garam Untuk Kesehatan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s