Kandungan dan Manfaat Makan Bayam Bagi Kesehatan

Pada umumnya, bayam sangat penting dikonsumsi karena manfaatnya bagus untuk pertumbuhan anak-anak dan ibu hamil, dan tentunya baik untuk semua orang.

Artikel terkait: Obat Pengapuran Sendi

Sayur bayam merupakan bahan makanan yang padat nutrisi, hal inilah yang menjadikannya tidak kalah dari sayuran lain seperti kangkung, kacang panjang dan wortel. Pada seikat bayam terdapat kandungan kalori, zat besi, vitamin B, vitamin A, vitamin E, magnesium, kalium, asam folat, kalsium dan masih banyak nutrisi lainnya. Maka tak heran, jika banyak orang yang menggemari jenis sayuran ini. Untuk lebih jelasnya, berikut ini kandungan dan manfaat makan bayam bagi kesehatan.

Kandungan dan Manfaat Makan Bayam Bagi Kesehatan

Kandungan dan Manfaat Makan Bayam Bagi Kesehatan

Menjaga kesehatan mata
Bayam merupakan salah satu sayuran yang sangat tinggi kandungan vitamin A, kita ketahui bahwa vitamin ini sangat penting untuk menjaga kesehatan mata agar penglihatan tetap baik.

Menjaga kesehatan tulang
Vitamin K pada bayam membantu penyerapan kalsium yang baik bagi tulang. Pada orang-orang yang telah lanjut usia sangat rentan terkena penyakit osteoporosis, maka dari itu sangat penting mengkonsumsi bayam dan apalagi pada anak-anak yang sedang tumbuh kembang. Seimbangkan pula dengan susu untuk kalsium yang penting bagi pembentukan tulang.

Menjaga kesehatan jantung
Plak kolesterol pada pembuluh darah arteri akan meningkatkan resiko penyakit jantung. Antioksidan pada bayam mencegah menumpuknya kolesterol dan juga mampu mengontrol tekanan darah yang menjauhkan dari penyakit hipertensi.

Mencegah kanker
Kandungan flavanoid pada sawi hijau dapat meredam infeksi pada tubuh yang menyebabkan kanker. Beberapa diantaranya kanker ovarium, kanker paru-paru, dan kanker kolon. Selain itu, beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa bayam diyakini dapat mengurangi risiko kanker kulit.

Meningkatkan efisiensi otot
Berbagai hasil penelitian di dunia diyakini bahwa bayam dapat meningkatkan efisiensi otot. Para peneliti dari Karolinska Institute di Swedia menemukan partisipan yang mengonsumsi 300 gram bayam sehari mengurangi jumlah oksigen yang dibutuhkan untuk daya otot-otot mereka saat latihan sebesar lima persen. Efeknya terlihat hanya setelah tiga hari konsumsi bayam. Sungguh luar biasa.

Melancarkan pencernaan
Bayam merupakan sayuran hijau yang sangat tinggi kandungan serat, hal ini sangat berdampak pada kesehatan pencernaan dalam tubuh manusia. Jika anda mengalami masalah BAB atau pencernaan lainnya ada baiknya anda mengkonsumsi bayam sebagai menu harian anda.

Baik untuk anemia
Bayam mengandung zat besi yang sangat baik untuk memproduksi sel darah merah yang diperlukan oleh tubuh manusia. Kekurangan darah merah atau yang lebih dikenal anemia, maka ada baiknya anda mulai mengkonsumsi bayam secara rutin agar terbebas dari anemia.

Itulah beberapa manfaat mengkonsumsi sayur bayam untuk menjaga kesehatan tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda.

|  Kandungan dan Manfaat Makan Bayam Bagi Kesehatan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s