Manfaat Mengkonsumsi Kuning Telur Mentah Bagi Kesehatan

Sebagian orang menilai bahwa kuning telur mengandung banyak lemak dan banyak kalori. Padahal kuning telur ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan yang bisa mengalahkan berbagai macam hal buruk yang selama ini dipercaya oleh banyak orang.

Kuning telur mengandung vitamin A, dan B yang berguna untuk kulit dan energi sehari-hari. Kedua vitamin ini juga berperan untuk mencukupi asupan nutrisi tiap hari Anda dan baik untuk menjaga kesehatan. Maka dari itu, berikut ini mari kita ketahui beberapa manfaat mengkonsumsi kuning telur mentah bagi kesehatan.

Manfaat Mengkonsumsi Kuning Telur Mentah Bagi Kesehatan

Manfaat Mengkonsumsi Kuning Telur Mentah Bagi Kesehatan

Mengandung lemak sehat
Dalam kuning telur terdapat lemak jenuh yang berguna untuk produksi hormon dan penyerapan berbagai nutrisi lainnya seperti vitamin dan mineral yang larut dalam lemak tersebut. Hal ini sangat penting dan baik untuk kesehatan tubuh.

Antioksidan
Hal ini dibuktikan dari beberapa studi yang menyebutkan bahwa telur mengandung antioksidan yang setara dengan buah apel. Antioksidan ini dapat menangkal dan mengatasi radikal bebas. Radikal bebas sangat berbahaya bagi tubuh karena radikal bebas dapat menimbulkan banyak penyakit serius seperti timbulnya tumor dan kanker.

Sumber protein yang tinggi
Protein yang tinggi pada telur dapat berguna untuk untuk menambah dan mencukupi asupan nutrisi Anda. Protein yang berguna sebagai pengganti sel-sel yang sudah mati sehingga dapat diperbarui terus menerus. Protein juga berguna sebagai penutup luka dan sebagai nutrisi bagian tubuh lainnya.

Menutrisi otak
Kandungan kolin yang terdapat pada kuning telur sangat baik untuk kesehatan otak dan otot. Selain itu, kandungan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan selama masa kehamilan.

Mengandung kolesterol
Penelitian telah menunjukkan bahwa satu butir telur mengandung 180 – 190 miligram kolesterol. Tubuh manusia membutuhkan maksimal 300 miligram kolesterol per hari. Jadi jangan menghindari makan kuning telur karena takut dengan kadar kolesterolnya.

Artikel terkait: Obat Pengapuran Sendi

Bagus untuk kesehatan tulang
Kuning telur mengandung beberapa nutrisi seperti kalsium, zat besi, fosfor, dan zat seng. Kalsium baik untuk memperkuat tulang, zat besi untuk pembentukan sel darah merah dan membantu meningkatkan fungsi otak serta sistem kekebalan tubuh. Sementara zat seng bekerja sebagai antioksidan sekaligus melindungi kesehatan tulang.

Bagus untuk kesehatan mata
Kandungan kartenoid pada kuning telur dapat membantu melindungi tubuh dari degenerasi makula. Degenerasi makula adalah penyakit yang bisa menyebabkan kebutaan.

Nah, jadi Anda tidak perlu takut dan khawatir untuk mengkonsumsi kuning telur. Karena, jika dikonsumsi secara tidak berlebihan, kuning telur ini justru dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Oleh karena itu, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda. Terimakasih

| Manfaat Mengkonsumsi Kuning Telur Mentah Bagi Kesehatan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s