Segudang Manfaat Sawi Hijau Untuk Kesehatan Tubuh

Ada 2 jenis sawi yang umumnya dibudidayakan, diantaranya yaitu sawi hijau dan sawi putih. Sawi hijau termasuk kedalam jenis sayuran yang memiliki sedikit kalori, tapi memiliki serat tinggi dengan vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh.

Dalam satu cangkir rebusan sawi hijau, mengandung nutrisi:

> 63 kalori
> 5 gram protein
> 1 gram lemak
> 11 gram karbohidrat (termasuk 8 gram serat dan 1 gram gula)
> lebih dari 250% dari kebutuhan harian untuk vitamin A
> lebih dari 50 % dari kebutuhan harian untuk vitamin C
> 26% dari kebutuhan kalsium
> 12% zat besi
> dan 10% dari kedua vitamin B-6 dan magnesium.

Selain itu, sawi hijau merupakan sumber yang sangat kaya vitamin K dan juga mengandung folat, thiamin, niacin, asam pantotenat, choline, fosfor dan kalium. Oleh karena itu, tak heran jika sawi hijau banyak disukai oleh kalangan masyarat, dan mari kita simak segudang manfaat sawi hijau untuk kesehatan tubuh.

Segudang Manfaat Sawi Hijau Untuk Kesehatan Tubuh

Segudang Manfaat Sawi Hijau Untuk Kesehatan Tubuh

Menjaga kesehatan tulang
Asupan rendah vitamin K telah dikaitkan dengan resiko yang lebih tinggi karena patah tulang. mengkonsumsi vitamin K adalah hal penting untuk kesehatan yang baik, karena bertindak sebagai pengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi ekskresi kalsium. Satu cangkir rebus sawi hijau memberikan 770 mikrogram vitamin K, yaitu lebih dari 100% dari kebutuhan harian yang direkomendasikan.

Baca Juga: Obat Pengapuran Sendi

Mencegah kanker
Sayuran ini memiliki senyawa yang mengandung sulfur yang dikenal sebagai glucosinolates, yang telah dipelajari memiliki kemampuan untuk menghambat proses kanker pada tahap perkembangan yang berbeda untuk kanker paru-paru, kolorektal, payudara, dan prostat. Studi awal baru telah menemukan bahwa glucosinolates mungkin juga efektif terhadap melanoma, kanker kerongkongan, dan kanker pankreas

Sawi hijau dan sayuran hijau lain yang mengandung klorofil dalam jumlah yang tinggi, dan telah terbukti efektif memblokir efek karsinogenik amina heterosiklik, yang dihasilkan saat memanggang makanan. Jika cenderung menyukai makanan yang dipanggang sampai gosong, pastikan untuk memasangkan sayuran hijau untuk membantu meniadakan efek ini.

Baik untuk diabetesi
Sawi hijau mengandung antioksidan yang dikenal sebagai alpha-lipoic acid yang telah terbukti membuat kadar glukosa yang lebih rendah, meningkatkan senstivitas insulin dan mencegah oksidatif stress yang disebabkan perubahan pada pasien dengan diabetes. Studi asam alpha-lipoic juga menunjukkan penurunan neuropati perifer dan atau neuropati otonom di diabetes. Dari catatan, kebanyakan studi telah menggunakan asam alpha-lipoic intravena dan tidak yakin apakah suplementasi lisan akan menimbulkan manfaat yang sama.

Selain itu, sawi hijau juga memiliki kandungan serat dan kadar air yang tinggi, membantu mencegah sembelit, mempromosikan keteraturan buang air besar dan mempertahankan saluran pencernaan yang sehat.

Membantu kualitas tidur dan suasana hati
Kandungan kolin dalam sawi hijau merupakan nutrisi penting untuk membantu tidur, gerakan otot, belajar dan memori. Kolin juga membantu untuk mempertahankan struktur membran sel, membantu dalam transmisi impuls saraf, membantu dalam penyerapan lemak dan mengurangi inflamasi. Folat juga ditemukan dalam kolin, yang dapat membantu depresi dengan mencegah kelebihan homosistein dari pembentukan dalam tubuh. Kelebihan homosistein, akan mengganggu produksi hormon serotonin, dopamine, dan norepinephrine yang mengatur suasana hati, tetapi juga tidur dan nafsu makan.

Oleh karena itulah, sawi hijau sangat disukai oleh kalangan masyarakat. Selain itu, penting bagi anak-anak untuk mengenalkan sayuran dan buah sejak dini.

| Segudang Manfaat Sawi Hijau Untuk Kesehatan Tubuh

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s