Manfaat dari Kandungan Nutrisi Pada Sayur Genjer

Sayur genjer adalah jenis sayuran yang daunnya diambil dari tanaman sejenis eceng gondok yang hidup di air.Saat ini sayuran ini sudah menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia, terutama bagi mereka yang seorang vegetarian. Sayur genjer banyak dimanfaatkan daunnya, dan biasanya dimasak dengan cara di tumis, lalapan, campuran pada gado-gado atau pencel atau pengganti dari sayuran kangkung.

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa sayuran genjer ini memiliki kandungan gizi yang tidak kalah tinggi dengan jenis sayuran hijau lainnya. Meski sebagian orang menilai bahwa genjer adalah salah satu jenis makanan kelas bawah, namun ternyata kandungan gizi yang dimilikinya termasuk kedalam kelas tinggi. Maka tak heran, saat ini genjer banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Berikut ini manfaat dari kandungan nutrisi pada sayur genjer.

Manfaat dari Kandungan Nutrisi Pada Sayur Genjer

Manfaat dari Kandungan Nutrisi Pada Sayur Genjer

Serat
Genjer yang masuk kedalam jenis sayuran hijau merupakan jenis bahan makanan yang mengandung serat tinggi, sehingga dapat memenuhi kebutuhan serat tubuh dalam sehari. Serat yang terkandung pada genjer bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, membantu proses pencernaan makanan, mengikat lemak dalam tubuh, meningkatkan metabolisme tubuh, menstabilkan kadar gula darah.

Protein
Dalam 100 gr genjer memiliki kandungan protein sebesar 1,7 gr. Jumlah ini cukup banyak untuk kandungan protein di dalam sayuran hijau. Protein ini sendiri berkhasiat untuk pembentukan masa otot, menambah stamina dan tenaga, sumber energi, pengikat lemak dalam tubuh.

Baca Juga: Obat Pengapuran Sendi

Kalsium
Dalam 100 gr penyajian sayur genjer, mengandung 62 mg kalsium yang baik untuk tubuh dan berkhasaiat untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi, menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta mencegah osteoporosis.

Fosfor
Sayur genjer juga memiliki kandungan fosfor, yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang, terutama bila dipadukan dengan kalsium. 100 gr sayur genjer mengandung fosfor sebanyak 33 mg. Fosfor bersama dengan kalsium yang ada di dalam tubuh dapat membantu Anda dalam emncegah terjadinya osteoporosis, menambah dan meningkatkan kekuatan tulang serta menjaga kesehatan tulang.

Zat besi
Dalam 100 gr penyajian sayur genjer mengandung 2,1 mg zat besi. Zat besi yang terkandung didalam sayur genjer ini ternyata memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh, diantaranya yaitu baik untuk pembentukan sel darah, dapat mempercepat penyembuhan luka.

Nah itulah khasiat dari kandungan nutrisi pada sayuran genjer. Semoga info kesehatan ini bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda, dan jangan takut untuk mengonsumsi genjer yah, karena kandungan nutrisinya sudah terbukti baik untuk kesehatan tubuh Anda.

| Manfaat dari Kandungan Nutrisi Pada Sayur Genjer

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s