5 Makanan Sehat yang Wajib Dikonsumsi Kaum Wanita

Pria dan wanita tidak hanya dibedakan secara fisik saja namun dari segi asupan makananpun berbeda. Faktanya, tidak sedikit wanita yang tidak mendapatkan cukup asupan potasium, serat, choline, magnesium, kalsium, zat besi dan vitamin D, A, E dan C. Hal ini membuat para wanita kekurangan gizi yang diperlukan tubuh.

Dari sekian banyak jenis makanan sehat, ternyata ada beberapa menu makanan sehat yang wajib dikonsumsi kaum wanita. Dan idealnya, mereka harus mengonsumsinya setiap hari. Ini dia beberapa menu makanan sehatnya.

5 Makanan Sehat yang Wajib Dikonsumsi Kaum Wanita

5 Makanan Sehat yang Wajib Dikonsumsi Kaum Wanita

Telur
Dalam sebutir telur mengandung lebih dari 10 gizi baik diantaranya yaitu zat besi, vitamin D, seng, lutein, zeaxanthin dan choline, sekaligus memasok protein bermutu tinggi dan antioksidan.

Vitamin D pada telur dapat membantu Anda dalam melindungi dari sejumlah kondisi seperti kanker, diabetes, penyakit autoimun, bahkan membantu pengaturan berat badan. Vitamin D juga bekerjasama dengan kalsium untuk membentuk tulang yang kuat dan sehat. Maka dari itu, bagi wanita yang kerap mengalami osteoporosis dan osteopenia setelah menopause disarankan untuk mengonsumsi telur. Namun meski demikian, konsumsilah telur sewajarnya dan tidak berlebihan karena dapat menghambat arteri.

Buah prun
Buah ini kaya akan serat yang dapat membantu melancarkan BAB dan meningkatkan kesehatan saluran pencernaan secara keseluruhan. Selain itu, buah prun juga dapat meningkatkan kesehatan tulang. Dengan mengonsumsi 5 atau 6 butih sehari dapat memperlambat pengeroposan tulang dan memperbaiki kepadatan tulang bagi wanita yang sudah menopause. Hal ini disampaikan berdasarkan hasil penelitian San Diego State University. Bahkan tidak hanya itu, menurut para ahli, hal itu disebabkan oleh adanya kandungan vitamin K, boron, magnesium, potasium dan polyphenol dalam buah tersebut. Baca Juga obat pengapuran sendi

Yoghurt Yunani atau Greek Yoghurt
Kandungan kalsium dan kandungan protein yang dua kali lebih banyak dan gula yang jauh lebih sedikit, membuat jenis yoghurt ini masuk kedalam kategori menu makanan sehat untuk para wanita.

Hal ini diungkapkan berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa menyantap lebih banyak protein (sekitar 30% asupan kalori harian) membantu wanita menurunkan berat dan menjaga otot. Kalsium dalam yoghurt juga dapat meningkatkan kesehatan tulang.

Salmon
Kandungan lemak omega 3 yang tinggi terbukti mampu membantu melawan inflamasi atau peradangan dan dapat juga melindungi tulang. Lebih baik menyantap ikan daripada daging merah, terlebih lagi daging olahan.

Selain itu, berdasarkan hasil penelitian mengungkapkan bahwa,”Kaum wanita yang sedikit menyantap ikan akan menambah risiko kelahiran dini dan bayi kurang berat badan.”

Pistachio
Ini adalah jenis kacang-kacangan. Dimana dalam 49 butir kacang pistachio mengandung aneka vitamin, mineral dan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Hal ini telah terbukti dari hasil suatu penelitian yang menengarai bahwa memakan 1,5 ons perhari hampir segala jenis kacang sebagai bagian dari diet rendah lemak jenuh dan kolesterol dapat mengurangi risiko penyakit jantung yang menjadi pembunuh nomor satu bagi wanita (Di Amerika Serikat).

Selain itu, jenis kacang ini juga menjadi cemilan untuk melawan kenaikkan berat badan, karena kalorinya sangat rendah yaitu hanya 160 kalori per ons nya, namun tinggi akan kandungan serat dan protein.

Jadi inilah beberapa menu makanan sehat yang harus dikonsumsi oleh para wanita, terutama bagi wanita yang memasuki usia kepala 4 yah. Semoga dengan adanya sajian artikel ini, dapat membantu Anda dalam mengubah pola hidup dan makan sehari-hari Anda. Sehat terus dan semoga panjang umur. Aamiin

| 5 Makanan Sehat yang Wajib Dikonsumsi Kaum Wanita

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s