Tips Merawat dan Menjaga Persendian Tetap Sehat

Sendi yang sehat akan memungkinkan bagi Anda untuk berlari, berjalan, melompat, berolahraga dan melakukan pekerjaan apapun yang Anda ingin lakukan.

Persendian merupakan sambungan antara dua tulang. Tulang rawan, jaringan ikat, bantalan sendi adalah bagian yang membantu persendian bisa bergerak dengan lancar dan mudah. Jaringan ini juga dapat melindungi antara sambungan tulang dengan mencegah gesekan satu sama lain. Dengan fungsi yang begitu penting dalam struktur organ tubuh, maka sudah seharusnya kita pandai menjaga persendian tetap sehat. Berikut ini tips merawat dan menjaga persendian tetap sehat.

Tips Merawat dan Menjaga Persendian Tetap Sehat

Tips Merawat dan Menjaga Persendian Tetap Sehat

Menjaga berat badan
Kelebihan berat badan berisiko mengalami masalah kesehatan terkait sendi dikemudian hari. Selain itu, berat badan yang berlebih juga dapat menciptakan tekanan tambahan yang memberatkan bantalan sendi, seingga mempercepat keausannya. Dengan demikian, hal tersebut mampu mengembangkan masalah sendi seperti osteoporisis atau radang sendi.

Olahraga teratur
Masih berhubungan dengan berat badan berlebih. Dengan berolahraga, maka Anda akan terhindar dari berat badan berlebih yang bisa menyebabkan kerusakan tulang dan sendi. Maka dari itu, olahragalah secara teratur untuk membantu memperkuat otot-otot dan ligamen disekitar persendian, sehingga melindungi sendi dari kerusakan serta membuat tulang menjadi lebih kuat.

Latihan otot-otot disekitar sendi
Lakukan beberapa latihan beban ringan untuk membantu membangun otot-otot didaerah kaki Anda untuk mengurangi risiko osteoarthritis atau radang sendi pada lutut. Selain itu, dengan otot kaki dan tangan yang kuat akan membantu Anda mengurangi tekanan pada sendi, serta akan memberikan sokongan pada sendi yang lebih baik.

Lakukan pemanasan atau peregangan sebelum berolahraga
Pemanasan singkat sebelum latihan akan membantu Anda dalam meningkatkan sirkulasi darah, sehingga otot dan sendi siap untuk menerima latihan. Selain itu, dengan melakukan pemanasan juga dapat membantu Anda dalam meningkatkan fleksibilitas sendi, sehingga sendi bisa bergerak sesuai fungsinya. Hal ini juga untuk mengendurkan sendi serta ligamen dan tendon disekitar sendi.

Gunakan sepatu atau sandal yang cocok
Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 mempublikasikan Arthritis Care menjelaskan bahwa alas kaki mungkin memiliki efek yang signifikan terhadap beban di lutut saat berjalan pada subyek dengan osteoarthritis lutut atau pengapuran sendi. Maka dari itu, hindari pemakaian sepatu hak tinggi untuk jangka waktu lama. Pakailah sepatu datar atau yang memiliki tumit kurang dari 3 inchi untuk aktifitas sehari-hari.

Itulah beberapa cara merawat dan menjaga sendi tetap sehat secara efektif dan sederhana. Selain tips-tips diatas, ada juga beberapa menu makanan untuk menyehatkan sendi, mengubah posisi tubuh, serta menjaga posisi atau postur tubuh dengan baik. Semoga bermanfaat dan tetaplah menjaga gaya hidup dan pola makan Anda.

| Tips Merawat dan Menjaga Persendian Tetap Sehat

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s