Manfaat Kandungan Gizi Sayuran Okra Bagi Kesehatan

Okra adalah tanaman yang termasuk kedalam jenis sayuran penghasil serat sehingga baik untuk menjaga pencernaan. Namun, selain itu sayuran yang sering disebut sebagai jari wanita atau bamia juga memiliki kandungan nutrisi lengkap lainnya yang tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu energi, karbohidrat, protein, lemak, kolesterol, serat, folat, niacin, asam panotenat, vitamin A, C, E, K, B2, sodium, potasium, besi, magnesium, fosfot, dll.

Selain itu, biji dalam tanaman ini juga mengandung minyak hingga 40%, dimana minyak tersebut sangat kaya akan kandungan asam lemak tak jenuh seperti asam oleat dan asam linoleat. Maka dari itu, tak heran jika sayuran ini banyak mengandung manfaat bagi kesehatan. Berikut ini manfaat kandungan gizi sayuran okra bagi kesehatan

Manfaat Kandungan Gizi Sayuran Okra Bagi Kesehatan

Manfaat Kandungan Gizi Sayuran Okra Bagi Kesehatan

Mencegah kanker rongga mulut
Antioksidan yang terkandung dalam sayuran okra atau bamia adalah salah satu senyawa yang dapat membantu mencegah kanker rongga mulut.

Menurunkan risiko cacat pada janin
Okra menjadi salah satu sumber folat terbaik. Dari 100 gram okra segar terdapat kandungan sekitar 22% RDA. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan folat terutama bagi wanita hamil dapat membantu menurunkan risiko cacat pada tabung saraf janin dalam kandungan.

Membantu menjaga sistem kekebalan tubuh
Sayuran okra mengandung 36% vitamin C dari rekomendasi harian untuk tubuh. Hal inilah yang membuat okra membantu tubuh dalam mengembangkan sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi, mengurangi batuk dan melindungi tubuh dari radikal bebas yang berbahaya.

Menguatkan tulang dan gigi
Kandungan vitamin K pada okra merupakan co-faktor untuk enzim pembekuan darah dan diperlukan untuk memperkuat tulang. Selain itu, okra juga dianggap sebagai penghasil kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Baca juga >> obat pengapuran pada sendi

Menjaga keseimbangan tubuh
Kandungan vitamin B kompleks seperti niaxin, vitamin B6, thiamin dan asam pantotenat. Semuanya itu sangat dibutuhkan oleh semua fungsi tubuh manusia.

Kinerja vitamin B kompleks saling berkaitan erat satu sama lain. Kekurangan salah satu dari jenis vitamin B kompleks bisa mengakibatkan ketidakseimbangan dalam tubuh seperti kekurangan energi, sistem saraf yang kurang sehat, pencernaan yang buruk, serta kadar kolesterol yang tidak sehat. Maka dari itu, pastikanlah untuk mencukupkan vitamin B kompleks dalam setiap diet Anda.

Baca Juga: 6 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Tulang dan Sendi

Mengurangi risiko penyakit jantung
Kandungan serat dan antioksidan seperti katekin, epicatehin, procyanidin, quercetin dan rutin pada ora dipercaya mampu menurunkan risiko penyakit jantung.

Itulah beberapa manfaat dan kandungan yang dihasilkan dari sayuran okra. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan semoga sehat selalu. Aamiin

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s