Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan Tulang

Buah kelengkeng atau sering disebut juga dengan buah lengkeng, mata kucing atau badaro. Meski memiliki buah yang kecil namun janga salah, ternyata buah ini memiliki banyak manfaat kesehatan, tidak hanya untuk tulang namun juga untuk kesehatan tubuh lainnya.

Buah kelengkeng ini memiliki kandungan nutrisi yang begitu banyak, diantaranya yaitu vitamin A, B, B1, B2, B3, vitamin C, kalsium, zat besi, mangan, fosfor, kalium, seng, magnesium dan juga asam tartik. Selain kandungan tersebut, ada juga senyawa lainnya diantaranya yaitu fitokimia dan senyawa pendukung lainnya. Maka tak heran, buah kecil ini memiliki khasiat dan manfaat yang banyak bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan Tulang

Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan Tulang

Selain baik untuk kesehatan tulang, buah lengkeng juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh lainnya, berikut ini manfaat buah kelengkeng bagi kesehatan:

Meningkatkan vitamin C
Lengkeng mentah merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, yakni sekitar 84 miligram dari 3,5 ons. Jumlah ini memasok 93% dari asupan harian yang direkomendasikan vitamin C pada pria yaitu 90 miligram dan lebih dari 100 persen dari kebutuhan 75 miligram sehari wanita. Seperti yang Anda ketahui, kekurangan vitamin C dapat mengembangkan penyakit tekanan darah tinggi, jantung, degenrasi makuli yang terkait usia, dll.

Memperkuat tulang
Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2013 dalam “Maturitas” melaporkan bahwa wanita menopause yang memiliki mineral lebih rendah seperti tembaga secara signifikan lebih mungkin untuk mengembangkan osteoporosis dengan bertambahnya usia. Orang dewasa harus mengkonsumsi sekitar 900 mikrogram tembaga setiap hari dan 3,5 ons pasokan lengkeng segar menyediakan 19% dari rekomendasi ini. Lengkeng kering merupakan sumber yang lebih baik. Satu porsi 3,5-ons lengkeng kering memiliki 807 mikrogram mineral, hampir 90 persen dari RDA. Maka dari itu, untuk menguatkan tulang dan mengembalikan kepadatan tulang tidak hanya didapatkan dari obat pengapuran sendi saja namun juga dari buah-buahan yang kaya nutrisi dan zat gizi seperti lengkeng misalnya.

Mencukupi kebutuhan zat besi
Zat besi yang disediakan oleh makanan nabati tidak diserap dengan mudah seperti zat besi dari produk hewani contohnya pada daging sapi. Wanita hamil, atlet dan gadis-gadis remaja mungkin memerlukan lebih banyak zat besi. Lengkeng kering dapat membantu meningkatkan asupan zat besi. Setiap 3,5-ons kelengkeng mengandung sekitar 5 miligram, atau sekitar 62 persen dari kebutuhan harian zat besi.

Menjaga metabolisme tetap sehat
Buah lengkeng mengandung riboflavin yang mendukung metabolisme. Riboflavin yang melimpah di lengkeng membuat komponen yang penting untuk produksi energi. Hal ini juga membantu mengaktifkan koenzim yang dibutuhkan untuk metabolisme lemak, karbohidrat dan protein. Satu porsi lengkeng menawarkan 0,14 miligram riboflavin, yaitu 11% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk pria dan 13% untuk perempuan, yang ditetapkan oleh Institute of Medicine. Buah lengkeng juga mengandung niacin dan tiamin yang juga mendukung metabolisme.

Menjaga kesehatan fungsi otak
Tembaga diperlukan untuk menghasilkan norepinefrin, yaitu suatu bahan kimia yang digunakan sel-sel otak untuk berkomunikasi. Tembaga juga membantu menjaga selubung yang mengelilingi saraf dan untuk fungsi saraf yang efisien. Hal ini memungkinkan otak untuk memetabolisme molekul komunikasi otak lainnya, termasuk dopamin. Dalam 100 gram buah lengkeng memasok 169 mikrogram tembaga, atau 19 persen dari rekomendasi asupan harian, yang ditetapkan oleh Institute of Medicine.

Selain itu, buah kelengkeng juga berkhasiat untuk mencegah gangguan mata, mencegah kerusakan jaringan, menjaga kulit tetap sehat serta berkhasiat sebagai anti depresan alami. Namun, meski buah lengkeng baik untuk kesehatan, namun mengonsumsi lengkeng terlalu banyak bisa berdampak buruk pula bagi kesehatan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s