Manfaat Bersepeda dalam Masa Pertumbuhan

Bersepeda menjadi aktivitas olahraga yang sangat menyenangkan, selain itu olahraga yang satu ini juga memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh kita seperti untuk diet karena dapat membakar kalori dengan baik dan juga baik untuk kesehatan jantung dan pernapasan kita.

Selain baik untuk menjaga kesehatan tubuh, ternyata olahraga bersepeda juga banyak manfaatnya bagi anak-anak dan remaja yaitu untuk meningkatkan pertumbuhan mereka. Bagi Anda yang ingin tahu apa saja manfaat bersepeda, yuk ikuti ulasan lengkap kami mengenai manfaat bersepeda dalam masa pertumbuhan.

Manfaat Bersepeda dalam Masa Pertumbuhan

manfaat-bersepeda-pada-masa-pertumbuhan

Memperkuat sendi dan otot
Bersepeda bisa membantu Anda dalam memperkuat sendi dan otot. Lemak yang dibakar saat bersepeda juga lambat laun akan membuat berat badan menurun.

Terhindar dari penyakit
Para peneliti di Standford University School of Medicine, Amerika Serikat menemukan bahwa mereka yang rajin bersepeda mengalami penurunan risiko untuk menderita penyakit arteri koroner sebesar 50%. Kemudian penelitian lain dari American Journal of Epidemiology juga menemukan bahwa wanita yang rajin bersepeda juga dapat terhindar dari penyakit kanker payudara.

Mengatur Pernapasan

Anda tentu akan terengah-engah ketika mengayuh sepeda dalam waktu lama dan jarak berkilo-kilo meter. Namun, itu akan menyehatkan pernapasan Anda. Anda akan lebih dapat teratur dalam bernapas. Sebelum olahraga ada baiknya melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudahnya karena sangat penting untuk mengatur ritme saat berolahraga.

Memperkuat Kerangka Tubuh

Mungkin orang mengira jika bersepeda, maka posisi tubuh sedikit membungkuk. Jangan berpikir itu akan membuat tubuh menjadi bungkuk. Sebaliknya, kerangka tubuh Anda akan semakin kuat dan tegak dengan bersepeda setiap hari.

Lainnya: Khasiat dan kandungan gizi pada buah langka bisbul

Mengatasi Artritis

Artritis dapat dipahami suatu bentuk peradangan pada sendi yang disertai rasa sakit kaku hingga pembengkakan.

Mencegah Timbulnya Penyakit Tulang Belakang dan Sakit Punggung

Postur tubuh ketika bersepeda sangat baik dan gerakan siklis pada kaki merangsang otot-otot di punggung bawah dengan cara ini tulang belakang diperkuatĀ  dan dilindungi terhadap stres eksternal, selain itu bersepeda juga dapat merangsang otot-otot kecil dari vebreta yang dapat mencegah sakit punggung.

Nah itulah beberapa hal yang bisa Anda ambil manfaatnya dari bersepeda. Semoga bermanfaat dan selalu jaga pola hidup dan makan Anda yah untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s