Kandungan Nutrisi dan Manfaat Jeruk Keprok Bagi Kesehatan

Jeruk keprok atau citrus reticulata adalah salah satu varietas dari berbagai macam varietas jeruk yang ada dan tumbuh subur di Indonesia. Jeruk ini memiliki rasa manis dan sering dijadikan sebagau rujak buah. Menurut para ilmuan dari University of Western Ontario menjuluki jeruk keprok dengan label super food, karena hasil penelitian klinis mereka menunjukkan bahwa jenis jeruk ini memiliki manfaat bagi kesehatan manusia. Berikut ini kandungan nutrisi dan manfaat jeruk keprok bagi kesehatan.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Jeruk Keprok Bagi Kesehatan

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Jeruk Keprok Bagi Kesehatan

Jeruk keprok kaya akan vitamin C dan tentu ini tentu tidak diragukan lagi efektivitasnya sebagai antioksidan. Nilai ORAC jeruk manis cukup tinggi yaitu berkisar 750. Jeruk manis merupakan sumber antioksidan yang kaya dengan berbagai macam bioaktif yang memiliki kekuatan sebagai antioksidan. Ada lebih dari 170 macam fitonutrisi dan 60 macam flavonoid pada jeruk keprok. Flavonoid yang paling banyak ditemukan adalah hesperitin, narigin, antosianin, asam hidroksi sinamat, dan berbagai macam polifenol.

Baca Juga: Obat Pengapuran Sendi

Secara umum, kandungan zat aktif yang terdapat di dalam sebiji jeruk keprok antara lain alkaloid, polifenol, flavanoida, pektin, coumarin, saponin, minyak atsiri, vitamin C, vitamin A, B1, B2, asam folat, mineral Fe atau zat besi, fosfor, kalium atau potassium, kalsium, gula sederhana, nobiletin, dan masih banyak lagi lainnya.

Dengan mengonsumsi jeruk keprok secara rutin, Anda akan secara tidak langsung telah mendapatkan pengobatan alami. Kandungan gizi di dalam buah Jeruk Keprok diketahui mampu meningkatkan kekebalan tubuh, melawan penyakit kanker, memerangi infeksi firal, menurunkan tingkat kolesterol dan tekanan darah, mengusir rematik dan asam urat, menghalau penyakit jantung, mengobati demam, mencegah dan mengobati sariawan, menguatkan dan memberikan gizi pada paru-paru, memperbaiki limpa, membantu menghentikan batuk dan mengeluarkan dahak.

Bahkan Hasil penelitian Larasati dari Universitas Gadjah Mada pada 2008 lalu membuktikan bahwa kulit jeruk keprok dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Sederet khasiat jeruk keprok ini tentu menambah keistimewaannya.

Baca Juga: Khasiat dan Manfaat Kembang Kol Bagi Kesehatan Tubuh

Dengan mengonsumsi langsung jeruk keprok, akan membantu Anda dalam memaksimalkan penyerapan tubuh terhadap nutrisi yang dikandungnya. Namun, ada beberapa jenis penyakit yang dalam pengolahannya diperlukan proses mutlak. Seperti halnya penderita asam urat dan rematik. Sebaiknya konsumsi buah ini dengan cara memisahkan daging jeruk keprok dengan bijinya kemudian masukkan kedalam juicer. Setela itu, minumlah 2 kali sehari.

Meski baik untuk kesehatan, namun perlu diingat bila dikonsumsi secara berlebihan dapat memberikan efek buruk bagi tubuh dan kesehatan.

| Kandungan Nutrisi dan Manfaat Jeruk Keprok Bagi Kesehatan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s