Khasiat dan Manfaat Kembang Kol Bagi Kesehatan Tubuh

Kembang kol sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil, karena didalamnya terdapat kandungan-kandungan baik yang dapat menyehatkan. Selain bagus untuk kesehatan, kembang kol juga bagus pula untuk kecantikan loh, seperti untuk menangkal radiasi ultraviolet, mencegah penuaan dini, melangsingkan badan. Tidak hanya itu, bila dikonsumsi oleh ibu hamil manfaatnya dapat memberikan asupan nutrisi baik bagi bayi, memperlancar proses kelahiran.

Baca Juga: Manfaat Sehat Berjalan Tanpa Menggunakan Alas Kaki

Kembang kol memiliki kandungan vitamin C, folat, vitamin K, vitamin B6, vitamin B1, B2, B2, E. Tidak hanya vitamin, didalam kembang kol juga terdapat kandungan mineral penting seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium dan mangan tanpa kolesterol berbahaya. Selain itu, kembang kol juga merupakan sumber protein, omega 3, serta lemak dan gula alami yang bila dikonsumsi dapat memberikan dampak baik untuk kesehatan. Berikut dibawah ini akan kami jelaskan beberapa point mengenai khasiat dan manfaat kembang kol bagi kesehatan tubuh.

Khasiat dan Manfaat Kembang Kol Bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat dan Manfaat Kembang Kol Bagi Kesehatan Tubuh

Menjaga kesehatan jantung
Kandungan vitamin K pada kembang kol bersifat antiradang. Sehingga, bila Anda mengonsumsinya maka sirkulasi darah pada tubuh akan lancar dan sehat. Adapun senyawa glucoraphanin yang berkhasiat untuk menjaga saluran darah agar tidak tersumbat. Dengan demikian, kesehatan jantung Anda akan tetap tetap terjaga dan terhindar dari penyakit jantung.

Baca Juga: Obat Pengapuran Sendi

Memperkuat dan menjaga kesehatan tulang
Kandungan vitamin pada kembang kol sangat baik dalam hal memproduksi kolagen yang mampu melindungi sendi dan tulang dari kerusakan akibat peradangan. Bahkan tidak hanya itu, vitamin K yang dimilikinya pun berguna untuk mencegah kehilangan atau pengurangan massa tulang, baik untuk pria maupun wanita.

Melancarkan pencernaan
Kandungan serat yang tinggi mampu membantu menjaga pencernaan tetap sehat dan lancar serta dapat membantu meningkatkan pengeluaran racun dari dalam tubuh. Senyawa glukosinolat, glucoraphanin dan sulforaphane pada kembang kol dapat melindungi lapisan perut atau organ-organ pencernaan dari serangan kuman dan bakteri penyebab masalah pencernaan.

Mengatasi kanker
Senyawa kimia yang bernama indole 3 carbinol pada kembang kol mampu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker karena bekerja sebagai agen anti esterogen. Kanker yang bisa dicegah dengan mengonsumsi kembang kol diantaranya yaitu kanker payudara, kanker serviks, dan kanker prostat.

Meningkatkan kinerja otak
Kandungan kolin dan fosfor efektif dalam memperbaiki daya dari membran sel dengan tujuan untuk menjaga fungsi sistem otak dan saraf penghubung sinyal. Selain itu, kadnugnan kalium dan vitamin B6 pun sangat ampuh untuk menjaga kesehatan otak. Maka dari itu, kol dapat meningkatkan kecerdasan otak anak.

Selain point-point diatas, ternyata kembang kol juga bagus dikonsumsi oleh penderita diabetes, stroke, dan membantu Anda yang mengalami sembelit, dan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ternyata kembang kol banyak sekali manfaat untuk kesehatannya, bahkan baik pula untuk kecantikan dan ibu hamil. Semoga sajian artikel kami bermanfaat dan semoga selalu diberikan kesehatan. Aamiin

| Khasiat dan Manfaat Kembang Kol Bagi Kesehatan Tubuh

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s