Manfaat Sehat Berjalan Tanpa Menggunakan Alas Kaki

Sepatu atau sendal merupakan alas kaki yang sering digunakan untuk melindungi kaki dari berbagai hal yang bisa membahayakan kaki Anda. Meskipun penggunaan alas kaki bermanfaat untuk melindungi kaki Anda, namun Anda juga sekali-kali bisa berjalan tanpa menggunakan alas kaki, karena berjalan tanpa alas kaki dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: Obat Pengapuran Sendi

Berjalan kaki merupakan aktifitas fisik yang sangat mudah dilakukan untuk semua usia. Aktivitas fisik ini sangat dianjurkan untuk orang lanjut usia. Manfaat kesehatan akan Anda dapatkan juga dengan rutin berjalan kaki. Namun, kali ini cobalah untuk berjalan tanpa menggunakan alas kaki di rumput, pasir, tanah ataupun bebatuan alam. Karena, Ketika Anda berjalan tanpa alas maka kaki akan kontak langsung dengan alam. Sehingga, menurut penelitian, berjalan kaki tanpa alas kaki dapat membuat Anda merasa lebih terhubung dengan bumi, merasa lebih stabil, dan sirkulasi di kaki akan berjalan lancar. Berikut dibawah ini beberapa manfaat sehat berjalan tanpa menggunakan alas kaki.

Manfaat Sehat Berjalan Tanpa Menggunakan Alas Kaki

Manfaat Sehat Berjalan Tanpa Menggunakan Alas Kaki

  • Melancarkan aliran darah

Didaerah telapak kaki terdapat banyak pembuluh darah yang merupakan tempat berbaliknya aliran darah. Efek pijatan ringan pada telapak kaki yang menekan langsung pada lantai atau rumput dapat melancarkan aliran darah di sekitar kaki.

  • Membantu relaksasi

Menurut penelitian diketahui bahwa berjalan tanpa alas kaki di atas rumpu mampu mengurangi stress dan kelelahan mental. Sensasi pijatan ringan dan rangsangan sentuhan pada telapak kaki mampu merelakskan otot dan syaraf.

  • Menjaga kesehatan kaki

Kelembaban kaki yang berlebihan bila disertai dengan sel-sel kulit mati maka akan menjadi tempat yang cocok untuk perkembangbiakan bakteri dan jamur.

  • Memperluas ruang gerak otot dan sendi kaki

Jari kaki dan engkel akan bergerak lebih leluasa jika berjalan tanpa alas kaki. Penggunaan sepatu sehari-hari dapat membatasi gerak otot kaki, sehingga kaki terasa tidak nyaman.

  • Merangsang fungsi saraf keseimbangan

Berjalan tanpa alas kaki membantu merangsang saraf keseimbangan pada telapak kaki yang dapat meningkatkan kewaspadaan, keseimbangan dan ketangkasan gerak.

  • Mengatasi masalah insomnia

Efek pijatan pada telapak kaki dapat membantu relaksasi. Sehingga, orang akan akan tidur dengan pulas. Kebiasaan ini juga dapat membantu mengatasi orang yang mengalami masalah susah tidur atau insomnia.

  • Mengurangi risiko bau kaki

Kondisi permukaan kaki yang jarang terbuka karena tertutup oleh sepatu misalnya, dapat menyebabkan timbulnya bau kaki. Permukaan kaki yang terbuka mampu mengurangi kelembaban kaki akibat keringat.

Baca Juga: 5 Penyakit yang Sering Dialami Wanita Pasca 30 Tahun

Jadi, itulah manfaat berjalan tanpa alas kaki bagi kesehatan. Meski baik untuk kesehatan, namun jangan terlalu sering yah, cukup lakukan sesekali saja dan setelahnya cucilah kaki hingga bersih. Semoga bermanfaat !

| Manfaat Sehat Berjalan Tanpa Menggunakan Alas Kaki

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s