Tips Alami Mencegah Terjadinya Tulang Keropos

Tulang keropos atau osteoporosis adalah salah satu gangguan tulang dimana kepadatan tulang menurun karena berbagai faktor. Pada umumnya, tulang keropos terjadi pada mereka yang usia lanjut, namun tidak menutup kemungkinan bisa terjadi kapan saja tanpa memandang usia. Tulang yang keropos menyebabkan tulang mudah rapuh dan retak. Maka dari itu, sebelum anda mengalami sakit osteoporosis sebaiknya anda perlu mengetahui beberapa cara menghindari tulang keropos secara alami.

Tips Alami Mencegah Terjadinya Tulang Keropos

tips alami mencegah terjadinya tulang keropos

Tulang dan sendi menjadi penopong tubuh, sehingga sangat penting sekali untuk anda menjaga kesehatan tulang dan sendi. Berikut ini kami akan berbagi pengetahui mengenai tips alami mencegah terjadinya tulang keropos

  • Konsumsi Makanan Berkalsium Tinggi

Penting untuk anda mengkonsumsi makanan atau buah yang mengandung kalsum tinggi. Namun meski demikian, konsumsi kalsium juga harus sesuai kebutuhan harian anda. Jangan berlebihan karena dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan juga.

  • Olahraga

Olahraga dapat memberikan kualitas metabolisme tubuh anda, sehingga anda dapat mempertahankan kemampuan tulang dalam menyerap kalsium serta vitamin D. Hal inilah yang bisa mencegah anda dari osteoporosis. Olahraga bukan hanya memberikan dampak positif bagi tulang namun juga bagi kesehatan organ tubuh lainnya.

Baca Juga: Obat Pengapuran Sendi

  • Konsumsi makanan bervitamin D

Vitamin D berpengaruh pada kesehatan tulang dan membantu penyerapan kalsium bagi tulang. Selain untuk tulang, vitamin D juga dapat menjaga kualitas gigi anda serta menjaga keseimbangan metabolisme tubuh.

  • Hindari kebiasaan merokok, Minum alkohol, minuman bersoda, serta makanan berlemak jenuh tinggi

Rokok, alkohol, minuman bersoda dan makanan berlemak jenuh tinggi dapat membuat kalsium larut dalam urin sedangkan lemak bisa mencegah tulang menyerap kalsium secara optimal sehingga tulang anda kekurangan kalsium. Hal ini tentunya dapat meningkatkan risiko terjadinya tulang keropos. Sebaiknya anda batasi atau hindari rokok dan alkohol.

  • Hindari diet ekstrim

Diet sering dilakukan untuk menurunkan berat badan. Namun diet juga dapat menghambat penyerapan kalsium dan vitamin serta mineral lainnya. Ketika tubuh melakukan diet berlebihan maka bisa meningkatkan resiko osteoporosis.

  • Cukupi kebutuhan vitamin K dan vitamin D

Kedua vitamin tersebut dapat membantu tulang dalam menyerap kalsium. Vitamin K bukan hanya bagus untuk tulang namun juga baik untuk proses pengentalan darah dan mencegah penyakit hemofilia.

  • Konsumsi teh hijau

Penduduk Jepang sering mengkonsumsi teh hijau dan ternyata berkhasiat untuk menurunkan risiko terkena pengeroposan tulang. Meski baik untuk tulang, namun tetap saja asupan minuman teh mesti dibatasi dan tidak boleh berlebihan karena akan berdampak buruk bagi kesehatan juga nantinya.

Baca Juga: Bumbu Dapur yang Digunakan Untuk Penghilang Rasa Sakit

Selain beberapa tips diatas, anda juga harus memperhatikan kesehatan tulang anda dengan cara melakukan pemeriksaan kesehatan tulang anda secara medis dengan teratur dan mengkonsumsi suplemen alami yang bagus untuk kesehatan tulang.

 

| Tips Alami Mencegah Terjadinya Tulang Keropos

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s