Cara Mengatasi Nyeri Sendi Akibat Asam Urat

Nyeri sendi atau radang sendi yang diakibatkan oleh asam urat (gout arthritis) disebabkan oleh adanya penumpukkan asam urat berlebih. Asam urat yang bentuknya seperti kristal akan menancap pada sendi-sendi yang dilaluinya. Oleh sebab itu akan menimbulkan rasa sakit yang teramat sangat.

Baca Juga: Obat Pengapuran Sendi

Tidak hanya itu, gejala lain pun akan tampak. Seperti misalnya: persendian membengkak, meradang, panas dan kaku. Nyeri sendi yang sering diserang adalah jari-jari kaki, dengkul, tumit, pergelangan tangan, jari tangan dan siku.

Sebenarnya, asam urat dihasilkan di dalam tubuh kemudian dibawah didalam aliran drah melewati ginjal. Asam urat ini dapat keluar dari dalam tubuh ketika anda buang air kecil. Selain produksi dalam tubuh ditambah dengan terlalu banyak makanan yang tidak sehat dan mengandung kadar purin tinggi akan menyebabkan peningkatan asam urat dalam tubuh.

Oleh sebab itu, mari kita kenali dan ketahui beberapa cara mengatasi nyeri sendi akibat asam urat.

Cara Mengatasi Nyeri Sendi Akibat Asam Urat

cara mengatasi nyeri sendi akibat asam urat

  • Kurangi makanan yang mengandung purin

Usahakan untuk mengurangi konsumsi makanan yang mengandung kadar purin tinggi seperti kuning telur, jeroan, kambing, kepiting, udang, ayam, daging merah, ikan sarden, bayam, kembang kol.

  • Konsumsi makanan yang kaya akan serat

Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, buah-buahan, sayuran, dan produk susu yang rendah atau bebas lemak. Karena makanan yang kaya akan serat mampu mengendalikan asam urat di dalam tubuh.

  • Perbanyak minum air putih

Selalu usahakan untuk minum air putih yang banyak minimal 8 gelas sehari. Dengan meminum banyak air putih, maka air dapat membawa asam urat untuk keluar dari tubuh dalam bentuk urin. Selain itu Anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air seperti sirsak, semangka.

Baca Juga: Dampak Buruk Akibat Salah Memilih Sepatu Olahraga

  • Hindari konsumsi makanan berkadar gula tinggi

Karena makanan dan minuman yang berkadar gula tinggi atau manis tidak baik untuk kesehatan tubuh. Terutama bagi penderita asam urat, makanan manis akan meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Apalagi pemanis buatan, itu sangat tidak disarankan bagi penderita asam urat.

  • Hindari minuman beralkohol

Ini menjadi salah satu penyebab asam urat. Karena kadar purin pada minuman alkohol sangat tinggi dan dapat menyebabkan berat badan semakin naik karena kandungan kalori yang tinggi.

  • Olahraga teratur

Lakukan olahraga secara teratur dan jika kadar asam urat tinggi sebaiknya anda hindari jenis olahraga yang terlalu berat seperti lompat tali, karena dapat menyebabkan kristal asam urat semakin menusuk sendi anda. Lakukanlah olahraga ringan seperti jalan cepat 3 kali dalam seminggu minimal 30 menit.

Jadi, itulah beberapa tips sehat untuk mengatasi nyeri sendi yang disebabkan oleh kadar asam urat tinggi. Terimakasih dan semoga artikelnya bermanfaat dan semoga lekas sembuh. Aamiin

| Cara Mengatasi Nyeri Sendi Akibat Asam Urat

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s