Cara Mencegah Pengeroposan Tulang atau Osteoporosis

Osteoporosis atau pengeroposan tulang merupan kondisi saat kualitas kepadatan tulang menurun. Kondisi ini membuat tulang menjadi keropos dan rentan retak. Turunnya kepadatan tulang merupakan salah satu bentuk dari proses penuaan tubuh. Wanita memiliki risiko 4 keli lebih tinggi terkena penyakit tulang osteoporosis dibandingkan pria.

Baca Juga: Obat Pengapuran Sendi

Namun, meski pada umumnya osteoporosis dialami oleh wanita yang telah memasuki masa menopause, osteoporosis juga dapat mempengaruhi pria, wanita yang berusia muda dan anak-anak. Kekurangan kalsium diperkirakan menjadi penyebab banyak kasus osteoporosis di Indonesia. Untuk mencegah dan mengurangi jumlah penderita osteoporosis. Mari kita kenali bagaimana cara mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis bersama-sama.

Cara Mencegah Pengeroposan Tulang atau Osteoporosis

Cara Mencegah Pengeroposan Tulang atau Osteoporosis

  • Cukupi kebutuhan kalsium

Kurangnya asupan kalsium menjadi penyebab utama mengalami osteoporosis. Untuk memenuhi asupan kalsium, dianjurkan untuk memakan makanan seperti susu, produk susu, bayam, brokoli, makanan laut, dan sebagainya.

  • Mengendalikan berat badan

Obesitas atau kelebihan berat badan biasanya berhubungan dengan osteoporosis. Mengendalikan berat badan supaya tetap normal bertujuan untuk meringankan tekanan pada tulang untuk menopang tubuh yang pada gilirannya dapat membantu mencegah osteoporosis.

  • Jangan mengabaikan rasa sakit pada tulang

Osteoporosis terjadi karena kepadatan tulang berkurang, sehingga membuat tulang mudah rusak atau hancur. Ini biasanya menyebabkan rasa sakit ditubuh, bahkan berakibat cacat. Jadi, apabila anda berpikir tentang sesuatu dalam nyeri tulang atau lainnya, segera periksakan ke dokter.

  • Tidak disarankan melakukan diet ekstrim

Diet ekstrim dapat membuat tubuh anda kehlangan nutrisi penting, salah satunya yaitu kalsium. Sehingga tidak disarankan bagi anda untuk melakukan diet ekstrim.

  • Berolahraga secara teratur

Olahraga teratur dapat melindungi kesehatan tulang Anda. Tak perlu olahraga yang berat, cukup dengan melakukan olahraga yang ringan dan yang terpenting dilakukan secara rutin dan teratur.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Nyeri Sendi Di Pagi Hari

  • Memenuhi kebutuhan vitamin D

Tanpa vitamin D, tubuh Anda tidak bisa mendapat kalsium dengan baik. Oleh karena itu, dengan mengambil suplemen atau dengan terkena sinar matahari beberapa menit untuk melengkapi persyaratan untuk mendapatkan vitamin D disetiap pagi.

  • Konsumsi suplemen kalsium pascamenopause

Setelah menopause, estrogen pada wanita akan sangat berkurang. Jadi, tak lama setelah berhentinya menstruasi untuk mendorong kalsium yang ada dalam tulang wanita dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen kalsium.

Demikian cara mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi anda serta semoga anda selalu diberikan kesehatan. Aamiin

| Cara Mencegah Pengeroposan Tulang atau Osteoporosis

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s