Susah Tidur Dapat Meningkatkan Berbagai Risiko Penyakit

Tidur nyenyak di malam hari dapat membantu proses pengeluaran racun tubuh (detox), menyegarkan badan, menjaga kecantikan kulit, dan masih banyak  manfaat lainnya. Lalu bagaimana dengan orang-orang yang mengalami gangguan tidur atau insomnia?

Baca Juga: Obat Pengapuran Sendi

Susah tidur tidak hanya membuat anda ngantuk disiang hari, namun juga susah tidur dapat meningkatkan berbagai risiko penyakit. Penyakit apa saja? Ini dia !

Penyakit yang Siap Mengintai Orang yang Susah Tidur

Penyakit yang Siap Mengintai Orang yang Susah Tidur

  • Diabetes

Sebuah penelitian juga menyebutkan jika orang yang sering tidur tidak nyenyak dapat menyebabkan  resistensi  insulin tinggi  sehingga  meningkatkan  risiko diabetes.

  • Kanker

Tidur tidak nyenyak dapat meningkatkan risiko penyakit kanker, karena radikal bebas tidak bisa dihilangkan dengan sempurna dari tubuh.

  • Osteoporosis

Tidur tidak nyenyak setiap hari  dapat berisiko menurunkan kepadatan mineral  dalam tulang. Jika tidak segera diatasi, maka  tulang akan menjadi lemah dan  rapuh. Menurunnya kepadatan tulang dapat meningkatkan  risiko  osteoporosis.

Baca Juga: Jenis Sayuran yang Baik Untuk Kesehatan Sendi dan Tulang

  • Penyakit Jantung

Penelitian menyebutkan jika orang yang yang memiliki waktu tidur kurang dari 7 jam setiap malam dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Hal itu  jelas, karena kurang tidur dapat membuat  tubuh  memproduksi hormon  dan zat kimia yang memicu serangan jantung.

  • Penyakit Stroke

Selama tidur akan terjadi proses detoksifikasi. Sebaliknya, jika kita tidak tidur cukup di malam hari, otomatis proses pengeluaran racun tidak berjalan sempurna dan risiko penyakit hipertensi dan stroke siap mengintai anda.

  • Terjadinya Kerusakan Otak

Penelitian  menyebutkan jika  kurang tidur dalam jangka waktu lama  dapat  berisiko melemahkan  fungsi otak  dan  menimbulkan kerusakan  otak permanen.

  • Menurunkan Memori Otak

Ketika anda tidur nyenyak  di malam hari, maka  saat  bersamaan  otak dan sel otak akan mengalami regenerasi. Hal ini tidak  didapatkan jika anda mengalami susah tidur,  sehingga tidak hanya membuat tubuh lelah  tapi juga mudah lupa karena ada masalah dalam penyimpanan memori otak.

Mengingat begitu pentingnya tidur, maka mulailah dari sekarang untuk mengatur pola tidur anda dengan baik demi menjaga kualitas hidup anda lebih sehat lagi.

| Penyakit yang Siap Mengintai Orang yang Susah Tidur

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s