Jenis Sayuran Yang Baik Untuk Kesehatan Sendi dan Tulang

Apapun yang Anda makan akan mempengaruhi kesehatan Anda baik secara positif maupun negatif. Dengan demikian, untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi anda, dibutuhkan beberapa jenis sayuran yang baik untuk kesehatan sendi dan tulang.

Baca Juga: Obat Pengapuran Sendi

Pada umumnya, nyeri sendi sering menyerang orang yang berusia 30 tahun keatas, namun sekarang tidak menutup kemungkinan orang muda pun bisa mengalaminya, hal tersebut dikarenakan faktor gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat. Oleh karena itu, kenalilah beberapa jenis sayuran yang baik untuk sendi dan tulang berikut ini.
Jenis Sayuran Yang Baik Untuk Kesehatan Sendi dan Tulang

  • Brokoli

Indoles dan sulforaphane, dua fitonutrien yang terkandung di dalam brokoli memiliki efek yang signifikan terhadap anti kanker. Selain itu, brokoli juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita nyeri sendi atau tulang.

  • Kacang Polong

Kacang hijau yang sarat dengan 8 vitamin dan 7 mineral ditambah serat dan protein lainnya. Vitamin K bersama dengan folat dan vitamin B6 dari kacang hijau membantu menjaga kesehatan tulang.

  • Bayam

Sumber vitamin A, vitamin K, folat, magnesium, mangan, besi, kalsium, vitamin B dan vitamin E. Semua nutrisi membantu melindungi tubuh terhadap berbagai penyakit seperti radang sendi, kanker usus, penyakit jantung dan osteoporosis.

  • Tomat

Tomat merupakan sumber likopen, suatu antioksidan kuat yang menawarkan perlindungan terhadap kanker prostat stadium lanjut. Dengan 2 gelas jus tomat setiap hari dapat menurunkan stress oksidatif yang dapat mencegah terjadinya rapuh pada tulang.

  • Wortel

Tidak hanya baik untuk kesehatan mata, namun juga bagus untuk kesehatan tulang, anda bisa kombinasikan jus tomat dengan wortel.

  • Lobak

Memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi, dimana setiap 1 buah lobak mengandung 200mg kalsium. Untuk membuatnya, anda bisa membuat sop lobak dicampur dengan sayuran lainnya untuk melengkapi kebutuhkan kalsium harian anda.

Baca Juga: Buah-Buahan Untuk Membantu Meredakan Nyeri Sendi

Ketidakseimbangan dalam asam lemak Omega-3 dapat menyebabkan nyeri sendi. Jadi seimbangkanlah asupan asam lemak Omega-3 dengaan sayuran hijau seperti bayam, brokoli, bawang, jahe. Hindari juga karbohidrat olahan seperti pasta, roti, gorengan, bakar-bakaran, dan junk food untuk mengurangi nyeri sendi.

Jadi, itulah beberapa jenis sayuran yang cocok dikonsumsi oleh penderita nyeri sendi dan tulang. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

| Jenis Sayuran Yang Baik Untuk Kesehatan Sendi dan Tulang

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s