Ketahui Nutrisi Penting yang Dibutuhkan Tulang dan Sendi

Tulang dan sendi memiliki peran yang penting untuk memopang tubuh manusia. Oleh sebab itu, diharuskan bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan tulang dan sendi kita. Caranya bagaimana? Disarankan untuk anda mencukupi beberapa nutrisi harian penting yang berguna untuk merawat dan menjaga kesehatan tulang. Terdapat beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan tulang dan sendi. Ini dia nutrisi yang harus anda cukupi dalam keseharian anda.

Ketahui Nutrisi Penting yang Dibutuhkan Tulang dan Sendi

Nutrisi Penting yang Dibutuhkan Tulang dan Sendi

  • Vitamin D

Vitamin D atau Kalsiferol bersama dengan kalsium dibutuhkan tubuh untuk membantu pembentukan tulang dan gigi. Vitamin D merupakan satu-satunya vitamin yang bisa diproduksi oleh tubuh. Apabila seseorang kekurangan vitamin D maka tulang berisiko mengalami kelaianan.

Baca Juga: Obat Pengapuran Sendi

Vitamin D dapat ditemukan melalui sinar matahari, minyak ikan, ikan tuna, udang, biji bunga matahari, mentega dan bahan lainnya.

  • Vitamin C

Vitamin C berguna untuk memproduksi kolagen, dimana kolagen sendiri merupakan komponen struktur tulang rawan, tendon, ligamen, pembuluh darah dan kulit.

Vitamin C juga sangat baik untuk kesehatan sendi karena dapat membantu menjaga cairan synovial sehingga gerakan sendi lebih leluasa, membantu mengobati penderita rematik. Anda dapat menemukan vitamin C pada buah-buahan dan sayur-sayuran.

  • Vitamin K

Berperan penting untuk metabolisme tulang dan juga untuk membentuk tulang yang sehat dan kuat. Vitamin K banyak terdapat pada sayuran berdaun hijau.

  • Vitamin B12

Vitamin B12 sangat penting, karena bila seseorang kekurangan vitamin B12 maka akan menyebabkan melemahnya tulang dan sendi.

  • Kalium

Kalium memiliki peran sebagai penyeimbang kadar keasaman di dalam tubuh. Kalium juga berfungsi sebagai pencegah kalsium untuk dibuang oleh tubuh.

  • Magnesium

Studi tentang magnesium menunjukkan bahwa magnesium memainkan peran penting dalam kesehatan tulang. Kekurangan magnesium sangat terkait dengan osteoporosis. Osteoporosis sebelumnya dianggap sebagai penyakit yang terjadi karena kurangnya magnesium. Namun, baik kalsium dan magnesium dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis

Itulah beberapa nutrisi harian penting untuk menguatkan tulang dan sendi anda. Semoga bermanfaat dan terimakasih

 

| Nutrisi Penting yang Dibutuhkan Tulang dan Sendi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s